Home / Uncategorized / Pemerintah Tunaikan Janji di Sektor Pertanian

Pemerintah Tunaikan Janji di Sektor Pertanian


Pemerintah dinilai berhasil menunaikan janji kepada rakyat Indonesia di sektor pertanian. Berbagai capaian diwujudkan dan bahkan mampu mengekspor beberapa komoditas pangan ke luar negeri.
Hal itu disampaikan oleh Menteri Pertanian (Mentan) RI Amran Sulaiman dalam rapat koordinasi pangan Membangun Padi Organik 300 Ribu Hektare, di Kalimantan Tengah. Rapat tersebut dihadiri oleh Anggota Komisi IV DPR RI Hamdani, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, Dandrem 102/Pjg Kolonel Arm Muhammad Naudi Nurdika, Polda Kalimantan Tengah dan seluruh Bupati dan Kepala Dinas Pertanian di Kalimantan Tengah.
"Dulu pemerintah berjanji, harus swasembada beras pada tahun ketiga. Pada tahun kedua, kita sudah swasembada beras," kata Amran, di komplek perkantoran Gubernur Kalimantan Timur, Palangkaraya, Senin 13 November 2017.
Tak hanya beras, Amran menyebutkan, beberapa komoditas lain juga mengalami peningkatan prduksi. Salah satunya jagung. "Dulu kita impor jagung dari Argentina, tapi tahun ini angka impor jagung kita nol," ungkap dia.
Selanjutnya, komoditas bawang. Selain memenuhi kebutuhan nasional, Amran mengklaim bahwa Indonesia sudah bisa mengekspor bawang ke berbagai negara. "Kemudian, cabai. Empat komoditas sudah selesai," ujarnya.
Berbagai capaian tersebut menbuat dunia internasional mulai mempercayai kemampuan agraris Indonesia. Bahkan, indeks ketahanan pangan Indonesia di skala dunia kini berada di urutan 20 besar.
"Indonesia berada di urutan 16. Mengalahkan Amerika, Tiongkok, dan India," ucap Amran. [metrotvnews.com]

About admin

Check Also

Kahiyang Ayu Resmi Bergelar Adat Namora Pinayongan Kasayangan

Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution selesai menjalani prosesi marpangir atau meninggalkan masa lajang. Selanjutnya, gelar adat untuk mereka berdua ditabalkan.Prosesi penabalan gelar adat ini dilaksanakan di gelanggang adat di Bukit Hijau Regency Taman Setiabudi (BHR-Tasbi), Medan, Sumatera Utara, Sabtu (25/11/2017)."Kemarin dalam suatu kerapatan adat Ananda berdua telah diberi gelar adat. Ananada Bobby telah diberi gelar adat Sutan Porang Gunung Barining Naposo dan Ananda Kahiyang Ayu boru Siregar Namora Pinayongan Kasayangan," kata tetua adat.Tetua adat kemudian melemparkan beras kuning ke kepala Kahiyang dan Bobby sambil mengucapkan horas sebanyak tiga kali. Itu adalah tanda gelar adat mereka telah sah diterima. Mereka juga dipakaikan ulos. Gong dibunyikan sembilan kali diikuti pemukulan gordang sambilan."Saya harap Ananda berdua menjaga nama baik ini. Nama ini adalah nama orang yang bermartabat," ujar tetua adat. Kahiyang dan Bobby tampak tersenyum menerima gelar adat itu.Paman Bobby, Erwan Nasution, selaku suhut sebelumnya bicara soal makna gelar untuk Kahiyang dan Bobby itu."Untuk Bobby artinya panglima muda, ini kan gelar dari atas turun ke bawah. Untuk Kahiyang, artinya dia dipayungi," jelas Erwan. [detik.com]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *