Home / Uncategorized / Mau Kunjungi Myanmar, Menlu AS Mendadak Temui Menlu Retno Marsudi

Mau Kunjungi Myanmar, Menlu AS Mendadak Temui Menlu Retno Marsudi


Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Rex W. Tillerson secara mendadak menemui Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (RI) Retno Marsudi di Hotel Sofitel, Manila, Filipina, di sela-sela kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN yang digelar di Philippines International Convention Center (PICC), Selasa (14/11) siang.
“Beliau akan segera berkunjung ke Nay Pyi Taw, Myanmar, besok. Jadi ke sini untuk bertukar informasi mengenai kondisi sekarang ini di Myanmar,” kata Menlu kepada wartawan, di lobi Hotel Sofitel, Manila, Selasa (14/11) siang.
Menurut Menlu Retno, pertemuannya dengan Menlu AS itu membahas isu mengenai situasi krisis kemanusiaan di Rakhine, Myanmar, kemajuannya apa, dan apa yang bisa didorong dalam menyelesaikan masalah tersebut.
AS, lanjut Menlu, juga ingin membantu penyelesaian krisis kemanusiaan di Rakhine State, Myanmar, secara konstruktif, karena jika krisis tersebut tidak dapat diselesaikan selain akan mengganggu stabilitas dan keamanan kawasan, juga ada kekhawatiran ancaman radikalisme dan terorisme juga akan meningkat.
Menurut Menlu, dalam kunjungan ke Myanmar itu akan dibahas upaya yang bisa dilakukan Amerika Serikat dalam membantu menyelesaikan krisis di Rakhine State.
Menlu AS Rex W. Tillerson menilai, peran dari kawasan dalam hal ini ASEAN sangat penting. Ia juga mengapresiasi peran Indonesia, dan AS juga masih mengharapkan peran Indonesia dapat terus meningkat dalam upaya menyelesaikan krisis tersebut.
“Intinya itu pembicaraan dalam pertemuan tadi. Kita janji akan berkomunikasi kembali setelah Rex kembali dari Nay Pyi Taw,” jelas Menlu seraya menekankan, bahwa AS ingin membantu penyelesaian krisis di Rakhine State tetapi juga harus ada progress.
Senada dengan Menlu, Rex menilai bahwa semakin lama krisis di Rakhine State tidak diselesaikan, dampaknya akan mengganggu stabilitas dan keamanan di kawasan. [setkab.go.id]

About admin

Check Also

Kahiyang Ayu Resmi Bergelar Adat Namora Pinayongan Kasayangan

Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution selesai menjalani prosesi marpangir atau meninggalkan masa lajang. Selanjutnya, gelar adat untuk mereka berdua ditabalkan.Prosesi penabalan gelar adat ini dilaksanakan di gelanggang adat di Bukit Hijau Regency Taman Setiabudi (BHR-Tasbi), Medan, Sumatera Utara, Sabtu (25/11/2017)."Kemarin dalam suatu kerapatan adat Ananda berdua telah diberi gelar adat. Ananada Bobby telah diberi gelar adat Sutan Porang Gunung Barining Naposo dan Ananda Kahiyang Ayu boru Siregar Namora Pinayongan Kasayangan," kata tetua adat.Tetua adat kemudian melemparkan beras kuning ke kepala Kahiyang dan Bobby sambil mengucapkan horas sebanyak tiga kali. Itu adalah tanda gelar adat mereka telah sah diterima. Mereka juga dipakaikan ulos. Gong dibunyikan sembilan kali diikuti pemukulan gordang sambilan."Saya harap Ananda berdua menjaga nama baik ini. Nama ini adalah nama orang yang bermartabat," ujar tetua adat. Kahiyang dan Bobby tampak tersenyum menerima gelar adat itu.Paman Bobby, Erwan Nasution, selaku suhut sebelumnya bicara soal makna gelar untuk Kahiyang dan Bobby itu."Untuk Bobby artinya panglima muda, ini kan gelar dari atas turun ke bawah. Untuk Kahiyang, artinya dia dipayungi," jelas Erwan. [detik.com]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *