Home / Uncategorized / Berantas Maling Ikan, Menteri Susi Setop Penyelewengan BBM Subsidi

Berantas Maling Ikan, Menteri Susi Setop Penyelewengan BBM Subsidi


Selama tiga tahun menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti gencar memberantas maling ikan. Dia tidak segan menenggelamkan kapal maling ikan yang berhasil ditangkap.
Berkat aksi tegasnya itu, banyak hal positif terjadi. Salah satunya berhasil menyelamatkan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi yang selama ini digunakan kapal maling ikan.
Menurutnya kurang lebih ribuan kapal menangkap ikan di wilayah laut Indonesia tanpa izin. Parahnya, kapal-kapal tersebut dengan seenaknya juga menggunakan BBM bersubsidi yang harusnya dinikmati oleh warga Indonesia.
"Kapal pencuri ikan yang puluhan ribu tadi, minyaknya dari BBM subsidi Indonesia. 3 tahun lalu kita masih ingat banyak warga yang mengatre BBM karena langka. Salah satu penyebabnya ini (digunakan kapal pencuri ikan)," kata Susi saat memberi kuliah umum di hadapan civitas akademik Unpas, Jalan Setiabudi, Kota Bandung, Selasa (14/11/2017).
Namun berkat tindakan tegasnya tadi, banyak BBM bersubsidi berhasil diselamatkan. Bahkan dia menyebut saat ini stok BBM Pertamina surplus.
"Karena minyak tidak disedot ke tengah laut. Pertamina sekarang surplus 37 persen (stoknya)," ujar Susi.
Tidak hanya itu, tambah dia, ribuan kapal pencuri ikan yang menghantui laut Indonesia jumlahnya kini sudah jauh berkurang di bandingkan beberapa tahun sebelumnya. Kondisi itu dia lihat langsung dari hasil foto satelit yang telah dilakukan.
"Foto-foto satelit tahun 2014 lampu di wilayah Kalimantan ramainya di laut karena kapal tadi. Begitu selesai satu tahun (sejak penenggelaman kapal) sekarang sudah berkurang," tandasnya. [detik.com]

About admin

Check Also

Kahiyang Ayu Resmi Bergelar Adat Namora Pinayongan Kasayangan

Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution selesai menjalani prosesi marpangir atau meninggalkan masa lajang. Selanjutnya, gelar adat untuk mereka berdua ditabalkan.Prosesi penabalan gelar adat ini dilaksanakan di gelanggang adat di Bukit Hijau Regency Taman Setiabudi (BHR-Tasbi), Medan, Sumatera Utara, Sabtu (25/11/2017)."Kemarin dalam suatu kerapatan adat Ananda berdua telah diberi gelar adat. Ananada Bobby telah diberi gelar adat Sutan Porang Gunung Barining Naposo dan Ananda Kahiyang Ayu boru Siregar Namora Pinayongan Kasayangan," kata tetua adat.Tetua adat kemudian melemparkan beras kuning ke kepala Kahiyang dan Bobby sambil mengucapkan horas sebanyak tiga kali. Itu adalah tanda gelar adat mereka telah sah diterima. Mereka juga dipakaikan ulos. Gong dibunyikan sembilan kali diikuti pemukulan gordang sambilan."Saya harap Ananda berdua menjaga nama baik ini. Nama ini adalah nama orang yang bermartabat," ujar tetua adat. Kahiyang dan Bobby tampak tersenyum menerima gelar adat itu.Paman Bobby, Erwan Nasution, selaku suhut sebelumnya bicara soal makna gelar untuk Kahiyang dan Bobby itu."Untuk Bobby artinya panglima muda, ini kan gelar dari atas turun ke bawah. Untuk Kahiyang, artinya dia dipayungi," jelas Erwan. [detik.com]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *