Home / Uncategorized / Presiden Jokowi Hadiri Pembukaan KTT ASEAN ke-31

Presiden Jokowi Hadiri Pembukaan KTT ASEAN ke-31

Foto : Biro Pers Setpres

Hari kedua berada di Manila, Filipina, Senin, 13 November 2017, Presiden Joko Widodo menghadiri pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-31 di Philippine International Convention Center (PICC), Manila, pada pukul 10.00 Waktu Setempat (WS) atau pukul 09.00 WIB.
Serangkaian agenda KTT ASEAN ke-31 telah menanti Presiden, mulai dari sidang pleno, jamuan santap siang, hingga sejumlah pertemuan lainnya.
Presiden juga akan menghadiri ASEAN Leader’s Interface dengan ASEAN Business Advisory Council (ABAC), KTT ASEAN-AS, KTT ASEAN-Tiongkok, KTT ASEAN-Korea, KTT ASEAN-Jepang, serta Pertemuan APT Leaders lnterface dengan East Asia Business Council.
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat menjelaskan kepada jurnalis, Minggu, 12 November 2017, menyatakan bahwa Presiden akan mengikuti sebelas kegiatan di hari pelaksanaan KTT ASEAN ini.
"Bisa bertambah bisa berkurang,” ucap Retno.
Sedangkan pada hari kedua pelaksanaan KTT ASEAN, sebanyak sepuluh kegiatan telah menanti Presiden.
"Kalau kita total dalam dua hari ini akan terjadi 21 kegiatan yang akan dilakukan oleh Presiden,” ujar Retno.
Turut mendampingi Presiden pada acara pembukaan KTT ASEAN ke-31, Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Kepala BKPM Thomas Lembong dan Dubes RI untuk Filipina Johny Lumintang. Sumber : Deputi Protokol Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin.

About admin

Check Also

Kahiyang Ayu Resmi Bergelar Adat Namora Pinayongan Kasayangan

Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution selesai menjalani prosesi marpangir atau meninggalkan masa lajang. Selanjutnya, gelar adat untuk mereka berdua ditabalkan.Prosesi penabalan gelar adat ini dilaksanakan di gelanggang adat di Bukit Hijau Regency Taman Setiabudi (BHR-Tasbi), Medan, Sumatera Utara, Sabtu (25/11/2017)."Kemarin dalam suatu kerapatan adat Ananda berdua telah diberi gelar adat. Ananada Bobby telah diberi gelar adat Sutan Porang Gunung Barining Naposo dan Ananda Kahiyang Ayu boru Siregar Namora Pinayongan Kasayangan," kata tetua adat.Tetua adat kemudian melemparkan beras kuning ke kepala Kahiyang dan Bobby sambil mengucapkan horas sebanyak tiga kali. Itu adalah tanda gelar adat mereka telah sah diterima. Mereka juga dipakaikan ulos. Gong dibunyikan sembilan kali diikuti pemukulan gordang sambilan."Saya harap Ananda berdua menjaga nama baik ini. Nama ini adalah nama orang yang bermartabat," ujar tetua adat. Kahiyang dan Bobby tampak tersenyum menerima gelar adat itu.Paman Bobby, Erwan Nasution, selaku suhut sebelumnya bicara soal makna gelar untuk Kahiyang dan Bobby itu."Untuk Bobby artinya panglima muda, ini kan gelar dari atas turun ke bawah. Untuk Kahiyang, artinya dia dipayungi," jelas Erwan. [detik.com]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *