Home / Uncategorized / Jusuf Kalla Minta Anies-Sandi Atasi Macet dan Banjir Ibu Kota

Jusuf Kalla Minta Anies-Sandi Atasi Macet dan Banjir Ibu Kota


Wakil Presiden Jusuf Kalla menerima Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan-Sandiaga Uno di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (26/10/2017). Banyak hal yang dibicarakan dalam pertemuan tersebut, khususnya terkait berbagai persoalan yang membelit ibu kota.
"Ngobrol tentang Jakarta apa permasalahannya dan mereka juga melaporkan apa yang sudah mereka lakukan, itu saja," ungkap Kalla.
Kalla pun meminta kepada Anies-Sandi untuk melakukan upaya-upaya guna mengatasi persoalan macet, banjir, dan kebersihan di Jakarta.
"Pokoknya fokus lah dulu bagaimana mengatasi kemacetan, mengatasi kebersihan, mengatasi banjir. Kemudian menata sesuai dengan janji kampanyenya," kata dia.
Pada kesempatan itu, Kalla juga sempat memberikan oleh-oleh untuk Anies-Sandi pasca dirinya pulang dari Turki beberapa waktu lalu. Oleh-oleh tersebut adalah foto gorong-gorong yang ada di istana Topkapi Istanbul, Turki.
"Saya bilang begini, banjir itu apa sih? Banjir itu kalau air masuk lebih banyak dari pada yang keluar. Mengatasi itu selokannya (gorong-gorong) ya harus bersih. Tidak boleh ada selokan permanen dibeton," kata dia.
"Di sini sebenarnya sudah ada. Tapi saya lihat di Turki itu semua selokan berlubang dan bisa diangkat. Sehingga semua orang harus bertanggung jawab membersihkan selokan depan rumahnya. Itu akan memperlancar air," lanjut Kalla.
Dengan itu, kata Kalla, banjir yang tiap tahun melanda Jakarta akan bisa dicegah atau minimal dikurangi.
"Itulah saya bilang semua selokan harus bisa diangkat, kalau ada air masuk. Saya bilang ini seluruh Istanbul sudah begitu. Semua tidak ada selokan permanen kayak kita, ruko-ruko itu harus ada lubangnya," tutup Kalla. [kompas.com]

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *