Home / Uncategorized / Apa Kata Bos IMF Soal Ekonomi RI di Tangan Presiden Jokowi?

Apa Kata Bos IMF Soal Ekonomi RI di Tangan Presiden Jokowi?


Managing Director International Moneter Fund (IMF) Christine Lagarde memandang Indonesia memiliki prospek ekonomi bagus di tangan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pertumbuhan ekonomi di atas 5% dianggap sebagai bukti.
"Proyeksi kita 5,2% itu menunjukkan kemajuan yang luar biasa," kata Lagarde di Kantor Pusat IMF, Washington, Sabtu (14/10/2017) waktu setempat.
Lagarde menyebutkan beberapa program yang dianggap berhasil, di antaranya reformasi struktural di sektor rill melalui pemangkasan izin investasi. Kemudian juga program pengampunan pajak alias tax amnesty yang berlangsung pada tahun lalu. Dengan demikian, pemerintah bisa mendorong peningkatan penerimaan pajak berkelanjutan.
"Tax amnesty itu adalah kebijakan yang sangat jelas," ujarnya.
Meski demikian, kata Lagarde, pemerintah juga harus siap menghadapi berbagai risiko ke depan. Terutama kepada pihak-pihak yang sengaja melakukan penggelapan pajak.
"Melawan penggelapan pajak tidak bisa sendiri-sendiri, harus bersama sama dengan negara lain. Sehingga bisa memjadi lebih efektif," terangnya.
Terkait dengan Indonesia yang akan menjadi tuan rumah Annual Meeting IMF-WB 2018, Lagarde meyakini akan berjalan sukses.
"Indonesia adalah magnet pasar keuangan dunia, semua gubernur bank sentral akan semangat untuk melihat Indonesia. Ini waktu yang tepat untuk menunjukkan sesukses apa Indonesia," pungkasnya.
"Acara itu juga akan bermanfaat bagi ekonomi Indonesia. Orang yang datang akan belanjakan uangnya dan akan memberikan pengaruh terhadap perekonomian," pungkasnya. [detik.com]

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *