Home / Uncategorized / Presiden Jokowi: Kita Sudah Ketinggalan Jauh Soal Infrastruktur

Presiden Jokowi: Kita Sudah Ketinggalan Jauh Soal Infrastruktur


Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan pembangunan infrastruktur di Indonesia mengalami ketertinggalan. Keterlambatan pembangunan infrastruktur menyebabkan biaya pembebasan lahan semakin mahal.
"Kita sudah ketinggalan jauh soal infrastruktur, harga pembebasan lahan semakin mahal, konstruksinya juga," papar Jokowi di Gerbang Tol Kualanamu, Deli Serdang, Jumat (13/10/2017).
Jokowi mencontohkan, harga tanah untuk proyek Mass Rapid Transit (MRT) jika dimulai sejak 25 tahun lalu jauh lebih murah dibandingkan saat ini. Keterlambatan pembangunan infrastruktur ini yang membuat biaya pembangunan semakin mahal.
Saat ini, harga pembebasan lahan di proyek MRT bisa mencapai ratusan juta rupiah per meternya. Biaya ini membuat investasi pembangunan infrastruktur membengkak.
"Sekarang ada yang Rp 90 juta sampai Rp 200 juta per meter persegi karena terlambat membangun," ujar Jokowi.
Keterlambatan tersebut juga berimbas pada kemacetan lalu lintas di ibu kota, Jakarta yang berujung pada kerugian materi. Kerugian tersebut padahal bisa digunakan untuk membangun infrastruktur.
"Kehilangan biaya kita karena kemacetan di Jakarta dan seterusnya setahun hilang Rp 28 triliun karena macet. (Kalau) dipakai bangun udah jadi berlipat-lipat," kata Jokowi. [detik.com]

About admin

Check Also

Di Medan, Paspampres Tetap Berbeskap saat Kawal Kirab Kahiyang-Bobby

Jalannya kirab pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution di Medan ikut dikawal Paspampres. Meski berada di tanah Sumatera, Paspampres tetap memakai busana adat Jawa.Paspampres mengawal kirab dari Medan International Convention Center (MICC) ke Bukit Hijau Regency (BHR Tasbi), Minggu (26/11/2017). Mereka ikut berjalan sejauh sekitar 2,6 km.Mereka terlihat memakai beskap lengkap dengan kain dan blangkon. Paspampres berjalan di sisi kiri dan kanan kereta kencana.Sesekali, Paspampres menyerahkan goody bag ke Jokowi di kereta kencana. Jokowi kemudian melemparkan goody bag ke arah warga yang menyaksikan kirab.Ada tujuh kereta kencana yang akan ikut dalam kirab tersebut. Tujuh kereta itu diisi oleh kedua mempelai Muhammad Bobby Afif Nasution dan Kahiyang Ayu (kereta pertama), Jokowi, Iriana, dan Kaesang (kereta kedua), Ade Hanifah Siregar dan Doli S Siregar (kereta ketiga), Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda serta Jan Ethes Srinarendra (kereta keempat).Kemudian orangtua Pak Jokowi, Eyang Noto serta Bapak dan Ibu Miryono (kereta kelima), Bapak dan Ibu Setiawan dan Bapak serta Ibu Widodo Prasetyo (kereta keenam), terakhir Bapak dan Ibu Didit dan Bapak dan Ibu Dendy (kereta ketujuh). [detik.com/]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *