Home / Uncategorized / Diresmikan Presiden Jokowi, Tol Medan-Tebing Tinggi Siap Dilintasi Lebaran 2018

Diresmikan Presiden Jokowi, Tol Medan-Tebing Tinggi Siap Dilintasi Lebaran 2018


Presiden Joko Widodo ( Jokowi) meresmikan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi ruas Kualanamu-Sei Rampah pada Jumat (13/10/2017).
Dalam pidatonya, Jokowi menuturkan, Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 61,70 kilometer ini sudah selesai pembebasan lahannya.
"Tinggal masalah konstruksinya. Saya tanyakan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Basuki Hadimuljono) dan Menteri BUMN (Rini M Soemarno) kapan selesainya? Dijawab pertengahan 2018. Catat, pertengahan 2018 sudah menyambung sampai ke Tebing Tinggi," kata Jokowi.
Jokowi meresmikan jalan tol dengan nilai investasi Rp 4,9 triliun ini didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini M Soemarno, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani.
Jokowi menambahkan, kehadiran tol ini akan meningkatkan perekonomian terutama sektor kawasan industri, dan pariwisata terutama Kawasan Pariwisata Strategis Nasional (KPSN) Danau Toba dan sekitarnya.
"Itu akan kita dorong, karena dari Medan ke Tebing Tinggi menuju Danau Toba saat ini ditempuh 4 sampai 5 jam. Dengan tol ini bisa 1,5 jam sampai 2 jam," ucap Jokowi.
Dengan demikian, mobilisasi orang dan barang sangat cepat, sehingga harga transportasinya bisa bisa dipangkas, dan barang-barang akan menjadi lebih murah.
Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani menjawab tantangan Jokowi dengan kesiapan dan optimisme.
"Insya Allah, mudik Lebaran tahun 2018 Tol Medan sudah tersambung hingga Tebing Tinggi dan fungsional," kata Desi.
Dia menambahkan, berbagai upaya akan dilakukan Jasa Marga untuk percepatan pembangunan jalan bebas hambatan ini. Termasuk memberlakukan kerja tiga shift.
Ruas jalan tol Kualanamu-Sei Rampah diklaim sebagai yang terpanjang se-Sumatera. Proyek ini dikembangkan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya, PT Jasa Marga Kualanamu Tol.
Ruas jalan tol ini dirancang sepanjang 42 kilometer dan merupakan bagian dari jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi 2-6.
Nantinya, ruas Kualanamu-Sei Rampah terhubung dengan ruas Belawan-Medan-Tanjung Morawa, di mana titik pertemuan antara dua jalan tol tersebut adalah di Tanjung Morawa.
Jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sendiri merupakan bagian dari jalan tol Trans Sumatera yang terbagi dalam tujuh seksi.
Ketujuh seksi itu meliputi Seksi 1A Tanjung Morawa-Tanjung Baru, Seksi 1 Tanjung Baru-Parbarakan, Seksi 2 Kualanamu-Kemiri-Parbarakan, Seksi 3 Parbarakan-Lubukpakam, Seksi 4A Lubuk Pakam-Adolina, dan Seksi 4B Adolina-Perbaungan.
Kemudian Seksi 5 Perbaungan-Teluk Mengkudu, Seksi 6 Teluk Mengkudu-Sei Rampah, Seksi 7A Sei Rampah-Sei Bamban, dan Seksi 7B Sei Bamban-Tebing Tinggi. [kompas.com]

About admin

Check Also

Di Medan, Paspampres Tetap Berbeskap saat Kawal Kirab Kahiyang-Bobby

Jalannya kirab pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution di Medan ikut dikawal Paspampres. Meski berada di tanah Sumatera, Paspampres tetap memakai busana adat Jawa.Paspampres mengawal kirab dari Medan International Convention Center (MICC) ke Bukit Hijau Regency (BHR Tasbi), Minggu (26/11/2017). Mereka ikut berjalan sejauh sekitar 2,6 km.Mereka terlihat memakai beskap lengkap dengan kain dan blangkon. Paspampres berjalan di sisi kiri dan kanan kereta kencana.Sesekali, Paspampres menyerahkan goody bag ke Jokowi di kereta kencana. Jokowi kemudian melemparkan goody bag ke arah warga yang menyaksikan kirab.Ada tujuh kereta kencana yang akan ikut dalam kirab tersebut. Tujuh kereta itu diisi oleh kedua mempelai Muhammad Bobby Afif Nasution dan Kahiyang Ayu (kereta pertama), Jokowi, Iriana, dan Kaesang (kereta kedua), Ade Hanifah Siregar dan Doli S Siregar (kereta ketiga), Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda serta Jan Ethes Srinarendra (kereta keempat).Kemudian orangtua Pak Jokowi, Eyang Noto serta Bapak dan Ibu Miryono (kereta kelima), Bapak dan Ibu Setiawan dan Bapak serta Ibu Widodo Prasetyo (kereta keenam), terakhir Bapak dan Ibu Didit dan Bapak dan Ibu Dendy (kereta ketujuh). [detik.com/]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *