Home / Uncategorized / Ada Jalan Tol, Presiden Jokowi Sebut Medan ke Danau Toba Bisa 2 Jam

Ada Jalan Tol, Presiden Jokowi Sebut Medan ke Danau Toba Bisa 2 Jam


Presiden Joko Widodo (Jokowi) sore ini meresmikan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi seksi 2-6 (Kualanamu-Sei Rampah) sepanjang 41,65 km. Dalan kesempatan tersebut juga dilakukan peresmian tol Medan-Binjai seksi 2 dan 3 (Helvetia-Binjai) sepanjang 10,46 kilometer (km).
Dengan kehadiran jalan tol tersebut, Jokowi berharap perkembangan pariwisata di Sumatera Utara khususnya di Danau Toba bisa semakin berkembang. Pasalnya, akses menuju lokasi wisata bisa semakin cepat jika seluruh ruas tol dari Medan sampai Tebing Tinggi sudah tersambung penuh.
Saat ini, ruas tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi baru tersambung dari seksi 2-6 (Kualanamu-Sei Rampah) 41,56 km dari total 61,8 km. Jika sudah tersambung penuh, ia memperkirakan waktu tempuh Medan ke Danau Toba bisa semakin singkat.
"Diharapkan nanti dengan tol ini, Toba dan sekitarnya jadi kawasan pariwisata yang bisa kita dorong karena dari Medan ke Tebing Tinggi-Danau Toba sekarang berapa jam? 4-5 jam," tutur Jokowi di Gerbang Tol Kualanamu, Deli Serdang, Jumat (13/10/2017).
Waktu tempuh dari Medan ke Danau Toba, kata Jokowi, mencapai 5 jam jika dilalui dengan jalan biasa. Sedangkan dengan kehadiran jalan tol yang nantinya sudah terhubung sampai ke Tebing Tinggi dan dilanjutkan sampai ke Danau Toba bisa mencapai 1,5-2 jam.
"Nantinya kalau tolnya jadi perkiraan hanya kurang lebih paling-paling harusnya 1,5 jam sampai 2 jam," ujar Jokowi.
Dengan demikian, mobilitas barang maupun orang bisa semakin cepat. Selanjutnya, biaya transportasi dan logistik bisa semakin terjangkau bagi masyarakat.
"Mobilitas barang cepat harga transportasi murah. Harga transportasi murah, barang-barang dibawa truk akan jatuh ke masyarakat juga akan murah," tutur Jokowi. [detik.com]

About admin

Check Also

Di Medan, Paspampres Tetap Berbeskap saat Kawal Kirab Kahiyang-Bobby

Jalannya kirab pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution di Medan ikut dikawal Paspampres. Meski berada di tanah Sumatera, Paspampres tetap memakai busana adat Jawa.Paspampres mengawal kirab dari Medan International Convention Center (MICC) ke Bukit Hijau Regency (BHR Tasbi), Minggu (26/11/2017). Mereka ikut berjalan sejauh sekitar 2,6 km.Mereka terlihat memakai beskap lengkap dengan kain dan blangkon. Paspampres berjalan di sisi kiri dan kanan kereta kencana.Sesekali, Paspampres menyerahkan goody bag ke Jokowi di kereta kencana. Jokowi kemudian melemparkan goody bag ke arah warga yang menyaksikan kirab.Ada tujuh kereta kencana yang akan ikut dalam kirab tersebut. Tujuh kereta itu diisi oleh kedua mempelai Muhammad Bobby Afif Nasution dan Kahiyang Ayu (kereta pertama), Jokowi, Iriana, dan Kaesang (kereta kedua), Ade Hanifah Siregar dan Doli S Siregar (kereta ketiga), Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda serta Jan Ethes Srinarendra (kereta keempat).Kemudian orangtua Pak Jokowi, Eyang Noto serta Bapak dan Ibu Miryono (kereta kelima), Bapak dan Ibu Setiawan dan Bapak serta Ibu Widodo Prasetyo (kereta keenam), terakhir Bapak dan Ibu Didit dan Bapak dan Ibu Dendy (kereta ketujuh). [detik.com/]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *