Home / Uncategorized / Menteri ESDM Ajak PMKRI Membangun Bangsa dengan Semangat Pancasila

Menteri ESDM Ajak PMKRI Membangun Bangsa dengan Semangat Pancasila


Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menegaskan bahwa membangun indonesia harus melalui semangat persatuan dalam bingkai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.
Hal tersebut dikatakan Jonan saat kegiatan Dialog Terbuka dalam acara Konferensi Studi Nasional (KSN) yang digelar oleh Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia ( PMKRI).
Dialog terbuka tersebut mengusung tema " Radikalisme dan Kesenjangan Sosial dalam Dimensi Pembangunan Nasional" yang diadakan pada Sabtu (30/09/2017) di aula hotel Clarion di Makassar, Sulawesi Selatan.
Menurut Jonan, PMKRI tidak boleh merasa sebagai kaum minoritas di tengah perbedaan, sebab membangun bangsa semangatnya adalah Pancasila.
Jonan juga mengajak kepada semua angggota PMKRI agar bisa bersikap inklusif dalam melihat perbedaan yang ada di indonesia.
"PMKRI tidak boleh eksklusif dalam melihat perbedaan yang ada serta jangan merasa sebagai kaum minoritas" ungkap Jonan melalui rilis yang diterima Kompas.com.
Dalam sesi diskusi selama 1 jam bersama peserta KSN PMKRI dari 33 cabang yang hadir, Jonan menjelaskan beberapa program yang sudah dijalankan maupun yang akan di jalankan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).
Ketua PP PMKRI Angelo Wake Kako pada kesempatan yang sama mengatakan, Forum KSN menjadi forum strategis bagi PMKRI untuk mengkaji permasalahan actual bangsa, dan kali ini persoalan radikalisme dan kesenjangan sosial menjadi topik kajian PMKRI.
Angelo menjelaskan bahwa dasar pijakan PMKRI mengusung tema radikalisme dan kesenjangan sosial adalah menguatnya paham fundamentalisme, yakni fundentalisme pasar dan fundamentalisme agama dalam konteks kebangsaan Indonesia saat Ini.
Ketua PP PMKRI periode 2016 -2018 ini juga mengharapkan agar kiranya forum ilmiah KSN bisa menghasilkan rekomendasi-rekomendasi strategis guna perbaikan bangsa kedepan.
Selain itu, PMKRI akan ikut terlibat secara nyata melalui aksi-aksi nyata yang akan dijalankan di seluruh Indonesia. [kompas.com]

About admin

Check Also

Di Medan, Paspampres Tetap Berbeskap saat Kawal Kirab Kahiyang-Bobby

Jalannya kirab pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution di Medan ikut dikawal Paspampres. Meski berada di tanah Sumatera, Paspampres tetap memakai busana adat Jawa.Paspampres mengawal kirab dari Medan International Convention Center (MICC) ke Bukit Hijau Regency (BHR Tasbi), Minggu (26/11/2017). Mereka ikut berjalan sejauh sekitar 2,6 km.Mereka terlihat memakai beskap lengkap dengan kain dan blangkon. Paspampres berjalan di sisi kiri dan kanan kereta kencana.Sesekali, Paspampres menyerahkan goody bag ke Jokowi di kereta kencana. Jokowi kemudian melemparkan goody bag ke arah warga yang menyaksikan kirab.Ada tujuh kereta kencana yang akan ikut dalam kirab tersebut. Tujuh kereta itu diisi oleh kedua mempelai Muhammad Bobby Afif Nasution dan Kahiyang Ayu (kereta pertama), Jokowi, Iriana, dan Kaesang (kereta kedua), Ade Hanifah Siregar dan Doli S Siregar (kereta ketiga), Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda serta Jan Ethes Srinarendra (kereta keempat).Kemudian orangtua Pak Jokowi, Eyang Noto serta Bapak dan Ibu Miryono (kereta kelima), Bapak dan Ibu Setiawan dan Bapak serta Ibu Widodo Prasetyo (kereta keenam), terakhir Bapak dan Ibu Didit dan Bapak dan Ibu Dendy (kereta ketujuh). [detik.com/]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *