Home / Uncategorized / Freeport Lepas 51% Saham, Menko Luhut: 2018 RI Harus Sudah 30%

Freeport Lepas 51% Saham, Menko Luhut: 2018 RI Harus Sudah 30%

PT Freeport Indonesia menyatakan siap melakukan divestasi sahamnya hingga 51%, seperti keinginan dari pemerintah Indonesia. Hal ini menjadi satu dari tiga kesepakatan yang disepakati antara pemerintah dan Freeport.

Menurut Menko Maritim, Luhut Binsar Panjaitan, setidaknya pemerintah akan memiliki 30% saham tersebut pada tahun 2018 nanti. Adapun saham pemerintah di Freeport saat ini baru 9,36%.

"Kalau saya tidak keliru, 30% itu harus selesai di 2018. Jadi kita berharap 2021 nanti akan selesai 51%," katanya saat ditemui di kantornya, Jakarta, Selasa (29/8/2017).

Namun demikian, ia belum bisa mengungkapkan bagaimana mekanisme divestasi tersebut dilepas secara detil. Termasuk siapa calon pembeli saham tersebut, yang saat ini juga belum ada kepastian. Proses tersebut harus segera diselesaikan untuk mengejar target pembelian 51% saham hingga tahun 2021 tersebut.

"Harus mereka siap. Nanti masih dikumpulin mereka konsorsiumnya siapa saja, dari BUMN-BUMN itu," ujar Luhut.

Tapi dia menyebut, holding pertambangan serta Pemda juga akan berkontribusi. Khusus Pemda, diperkirakan akan mencaplok 5% saham Freeport.

"51% itu kan masih dibagi. 5% nanti mungkin ke Pemda tingkat I tingkat II," tukasnya. [detik.com]

Tweet

About admin

Check Also

Di Medan, Paspampres Tetap Berbeskap saat Kawal Kirab Kahiyang-Bobby

Jalannya kirab pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution di Medan ikut dikawal Paspampres. Meski berada di tanah Sumatera, Paspampres tetap memakai busana adat Jawa.Paspampres mengawal kirab dari Medan International Convention Center (MICC) ke Bukit Hijau Regency (BHR Tasbi), Minggu (26/11/2017). Mereka ikut berjalan sejauh sekitar 2,6 km.Mereka terlihat memakai beskap lengkap dengan kain dan blangkon. Paspampres berjalan di sisi kiri dan kanan kereta kencana.Sesekali, Paspampres menyerahkan goody bag ke Jokowi di kereta kencana. Jokowi kemudian melemparkan goody bag ke arah warga yang menyaksikan kirab.Ada tujuh kereta kencana yang akan ikut dalam kirab tersebut. Tujuh kereta itu diisi oleh kedua mempelai Muhammad Bobby Afif Nasution dan Kahiyang Ayu (kereta pertama), Jokowi, Iriana, dan Kaesang (kereta kedua), Ade Hanifah Siregar dan Doli S Siregar (kereta ketiga), Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda serta Jan Ethes Srinarendra (kereta keempat).Kemudian orangtua Pak Jokowi, Eyang Noto serta Bapak dan Ibu Miryono (kereta kelima), Bapak dan Ibu Setiawan dan Bapak serta Ibu Widodo Prasetyo (kereta keenam), terakhir Bapak dan Ibu Didit dan Bapak dan Ibu Dendy (kereta ketujuh). [detik.com/]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *