Home / Uncategorized / PLN Siap Tingkatkan Daya Listrik Jayapura

PLN Siap Tingkatkan Daya Listrik Jayapura


Manajemen PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan (UIP) Wilayah Papua mengungkapkan sistem kelistrikan Jayapura akan segera mendapatkan tambahan daya hingga 70 megawatt (MW) dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Holtekam dan PLTMG (mesin gas) Jayapura.
"Kami sekarang dalam tahap menyelesaikan pembangunan PLTU Holtekam 2×10 mw. Diperkirakan Oktober 2017 sudah beroperasi. Kemudian juga PLMG Jayapura 50 mw, kedua-duanya dalam tahap conditioning dan segera bisa dikomersilkan," ujar Manager Bidang Operasi Konstruksi PLN UIP Papua Tona Endora, seperti dikutip dari Antara, Senin 28 Agustus 2017.
Ia menjelaskan kini daya mampu sistem Jayapura mencapai 75 mw dengan sumber dayanya berasala dari Pembangkit Listrik Tenaga Disel (PLTD) Waena dan Yarmok, serta Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Orya. Sementara beban puncak paling tinggi di Sistem Jayapura mencapai 68 mw, sehingga kini daya lebih yang dimiliki tidak terlalu besar.
Menurut dia, selain untuk menyediakan daya kepada pelanggan, pembangunan dua pembangkit tersebut juga ditujukan untuk menunjang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional ke-20 2020 di Papua. Diyakininya kegiatan tersebut memerlukan listrik dalam jumlah besar untuk mengoperasionalkan venue PON yang kini sedang dalam tahap pembangunan.
Sebelumnya general Manager PLN UIP Papua Hendrison Lumbanraja sempat mengungkapkan pihaknya menargetkan pembangunan empat proyek kelistrikan bakal rampung pada 2017.
"Pada 2017, ditargetkan ada empat proyek infrastruktur kelistrikan rampung yang mencakup dua pusat listrik tenaga mesin gas (PLTMG) jenis MPP (mobile power plant) yakni Jayapura berkapasitas 50 MW dan Nabire 20 MW serta dua GI (gardu induk) yaitu Holtekamp dan Jayapura," tutupnya. [metrotvnews.com]

About admin

Check Also

Di Medan, Paspampres Tetap Berbeskap saat Kawal Kirab Kahiyang-Bobby

Jalannya kirab pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution di Medan ikut dikawal Paspampres. Meski berada di tanah Sumatera, Paspampres tetap memakai busana adat Jawa.Paspampres mengawal kirab dari Medan International Convention Center (MICC) ke Bukit Hijau Regency (BHR Tasbi), Minggu (26/11/2017). Mereka ikut berjalan sejauh sekitar 2,6 km.Mereka terlihat memakai beskap lengkap dengan kain dan blangkon. Paspampres berjalan di sisi kiri dan kanan kereta kencana.Sesekali, Paspampres menyerahkan goody bag ke Jokowi di kereta kencana. Jokowi kemudian melemparkan goody bag ke arah warga yang menyaksikan kirab.Ada tujuh kereta kencana yang akan ikut dalam kirab tersebut. Tujuh kereta itu diisi oleh kedua mempelai Muhammad Bobby Afif Nasution dan Kahiyang Ayu (kereta pertama), Jokowi, Iriana, dan Kaesang (kereta kedua), Ade Hanifah Siregar dan Doli S Siregar (kereta ketiga), Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda serta Jan Ethes Srinarendra (kereta keempat).Kemudian orangtua Pak Jokowi, Eyang Noto serta Bapak dan Ibu Miryono (kereta kelima), Bapak dan Ibu Setiawan dan Bapak serta Ibu Widodo Prasetyo (kereta keenam), terakhir Bapak dan Ibu Didit dan Bapak dan Ibu Dendy (kereta ketujuh). [detik.com/]

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *